Rabu, 26 Juli 2017

Hal Terlarang dalam Bisnis Pulsa

BY Randy

Bisnis pulsa memang menjadi bisnis yang sangat mudah untuk dijalankan. Namun jika Anda tidak hati-hati maka bisnis ini juga bisa menjadi bisnis yang sulit karena rawan mengalami kegagalan. Tentu saja setiap bisnis pasti ada resiko di dalamnya. Oleh karena itu sebisa mungkin Anda harus mampu meminimalisir kemungkinan terburuk. Jangan sampai usaha keras yang sudah Anda bangun dan lakukan selama ini harus hancur karena kesalahan sepele. Berjualan pulsa walaupun terdengar klasik dan klise nyatanya masih menghasilkan keuntungan yang besar. Jika dihitung jumlah profit setiap bulannya maka angkanya pasti akan sangat maksimal. Apalagi jika Anda masih menambah bisnis PPOB yang biasanya juga sudah satu paket bersama jual pulsa.

Untuk mengantisipasi agar bisnis pulsa yang Anda bangun tidak gagal atau bangkrut maka oleh dari itu Anda harus menjauhi hal terlarang berikut ini.
  • Membuat Pembukuan Keuangan dengan Disiplin dan Tertib: Jangan sepelekan masalah keuangan dalam hal bisnis. Tidak ada yang bisa melihat berapa keuntungan, modal atau malah Anda merugi setiap bulannya jika tidak ada laporan keuangan yang detail. Siapkan pembukuan khusus jual pulsa dan masukkan setiap transaksi yang ada setiap harinya di akhir hari Anda berjualan. Dengan begitu setiap bulan akan tampak kemajuan dari bisnis yang Anda geluti. Bisnis yang baik tentu saja yang memberikan hasil positif untuk pemiliknya bukan? Jangan lupa pisahkan pembukuan bisnis dengan pembukuan keuangan pribadi Anda.
  • Mengambil Untung Terlalu Besar: Hindari mengambil keuntungan dari penjualan pulsa dengan jumlah yang terlalu besar. Berjualan memang bertujuan untuk keuntungan rupiah namun jangan sampai Anda terlalu ambisius ingin segera balik modal dalam waktu singkat. Bisnis adalah proses dan Anda harus bersabar untuk menikmati hasil jerih payah Anda. Pastikan Anda menjual pulsa sesuai dengan harga pasaran yang berlaku. Ingatlah bahwa yang berjualan pulsa tidak hanya Anda sendiri.
  • Hindari Memberi Hutang: Hal ini terlihat sepele namun banyak pelaku bisnis pulsa yang bangkrut karena kebiasaan konsumen berhutang kepada mereka. Sekecil apapun transaksi pulsa yang dilakukan oleh konsumen jangan berikan kesempatan kepada mereka untuk berhutang. Kebiasaan hutang akan membuat perputaran uang di bisnis yang Anda jalani menjadi terhambat. Berikan informasi kepada semua konsumen siapapun itu bahwa Anda tidak melayani hutang. Setiap transaksi yang dilakukan harus dibayar secara cash atau lunas.
Jika Anda bisa menghindari hal terlarang diatas maka mudah-mudahan bisnis pulsa yang Anda jalani bisa berjalan lancar tanpa hambatan yang menyulitkan. Jangan lupa lakukan promosi sehingga semakin banyak orang yang mengenal bisnis yang Anda miliki. Manfaatkan social media untuk memperkenalkan usaha pulsa yang Anda jalankan.