Rabu, 02 Agustus 2017

4 Tips Ini Menjamin Anda Terhindar Salah Beli Paket Data

BY Randy

Kemajuan teknologi saat ini membuat setiap orang harus selalu terkoneksi dengan jaringan internet. Berbagai alasan dipakai orang-orang untuk selalu terkoneksi dengan jaringan internet, mulai dari kebutuhan sebagai sarana pendukung komunikasi sampai dengan tuntutan pekerjaan. Pengguna internet di Indonesia sendiri sangatlah banyak, tahun 2013 saja tidak kurang dari 71 juta orang menggunakan internet dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan kemajuan teknologi smartphone dan juga tablet saat ini, bisa dibayangkan berapa pengguna internet di tahun 2017. Sebagai pengguna internet, alangkah baiknya jika Anda bijak dalam memilih paket data yang akan digunakan. 4 tips ini akan menjamin Anda agar terhindar dari salah membeli paket internet, yaitu:

1. Pilih paket internet yang sesuai dengan kebutuhan

Paket datainternet yang dijual dipasaran jumlahnya berbeda-beda, begitu juga dengan masa aktifnya. Kebutuhan kuota internet di smartphone, tablet, dan modem pastinya akan berbeda pula. Misalnya saja untuk penggunaan smartphone yang memiliki layar yang tidak terlalu besar penggunaan kuota internet dalam satu bulan cukup sekitar 4GB saja. Berbeda jika Anda menggunakan tablet atau modem untuk PC, Anda akan membutuhkan kuota internet minimal 4,5GB sampai dengan 6GB setiap bulannya untuk aktivitas browsing, kirim email,download, dan upload foto.

2. Menentukan provider dengan layanan koneksi internet terbaik di lokasi Anda

Harus diakui layanan provider GSM maupun CDMA untuk koneksi internet broadband belum menjangkau semua lokasi. Meskipun layanan internet 4G LTE saat ini sedang gencar melakukan promosi, nyatanya tidak semua lokasi dapat menikmati layanan internet cepat tersebut. Solusinya terbaik memilih paket data internet untuk smartphone, tablet, dan modem adalah dengan memilih provider yang memiliki kekuatan sinyal dan layanan internet dengan koneksi tercepat di lokasi Anda. Hal ini dimaksudkan agar Anda terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan akibat koneksi internet lambat.

3. Pilih harga terbaik yang ditawarkan

Harga memang akan menjadi penentu paling utama bagi seseorang sebelum melakukan pembelian. Sebaiknya Anda mencari paket data yang murah dan memberikan kuota cukup besar. Tentunya dengan tidak mengesampingkan kekuatan sinyal dan kecepatan internet provider tersebut di lokasi Anda. Anda jangan sampai terjebak dengan promosi harga murah dan kuota sangat besar padahal koneksi internetnya lambat. Akan menjadi hal yang sia-sia jika kuota murah dan besar Anda jika tidak dapat digunakan karena kendala sinyal yang buruk.

4. Pilihlah penjual dengan produk lengkap

Hal ini bertujuan agar Anda memiliki banyak pilihan sebelum melakukan pembelian paket data yang dibutuhkan. Jika Anda sudah mengetahui provider apa yang akan Anda gunakan, Anda akan dengan mudah memilih besar kuota internet yang akan dibeli. Tentu saja dengan tetap memperhitungkan anggaran yang Anda sediakan.