Jumat, 28 Juli 2017

5 Cara Jitu Hemat Paket Data di Smartphone

BY Randy

Di era yang semakin maju, kini siapa yang tidak mengenal internet. Mulai dari kalangan usia muda sampai tua membutuhkan koneksi internet untuk mengakses apa yang mereka butuhkan, baik dari segi bisnis, hobi, maupun sekedar mencari kesenangan semata. Mungkin jika tidak bertemu internet sehari saja sudah terasa aneh, ya. Demi menunjang kebutuhan sosial masyarakat, sudah banyak paket data yang ditawarkan operator.


Dilemanya, semakin banyak kuota yang ditawarkan, semakin mahal harga paket data tersebut. Seringkali pengguna internet mengakses kesana kemari tapi tahu- tahu kuota habis. Tentu kejadian ini sangat mengesalkan apalagi jika terulang berkali- kali. Tepat jika Anda membaca artikel ini karena akan ada solusi bagaimana menghemat pemakaian paket data di Smartphone Anda.

1). Pantau Kwantitas Penggunaan

Selalu pantau berapa penggunaan paket data dalam jenjang waktu tertentu. Anda bisa mengakses di Smartphone dengan masuk ke setting kemudian membuka Network, dan masuk ke data usage. Disini Anda bisa melihat kuota dan aplikasi apa saja yang menghabiskan kuota dalam jangka harian, mingguan, bahkan bulanan.

2). Setting Penggunaan Batas Data

 Setelah Anda melihat data usage, Anda tentu ingin membatasi kuota aplikasi agar tidak cepat habis. Caranya mudah, cukup geser ke atas atau ke bawah pada grafik penggunaan kuota. Smartphone Anda otomatis akan mengeluarkan peringatan jika sudah melebihi batas yang ditentukan. Jika perlu, batasi penggunaan kuota di setiap aplikasi dan background. Mengapa perlu dilakukan pembatasan penggunaan aplikasi background? Sering tidak kita sadari walaupun sudah menutup aplikasi, kuota kita tetap berkurang. Matikan penggunaan data background, tetapi resikonya Anda terlambat menerima notifikasi.

3). Setting Data Saver

 Cara ketiga yaitu dengan mengaktifkan data saver di browser Chrome. Cara ini cukup efektif ketika Anda surfing internet, Chrome dengan sendirinya tidak mengambil kuota lebih banyak bahkan menghemat 50% kuota.

4). Setting Update Aplikasi Wifi Only

Hal yang sering Anda alami yaitu aplikasi Playstore yang tiba- tiba memperbarui aplikasi Anda seluruhnya. Agar hal ini tidak terjadi lagi, matikan Atuto-Update dengan masuk ke aplikasi Playstore, kemudian klik Setting-Auto Update Apps-kemudian pilih Auto Update Apps over Wi-fi Only.

5). Pakai Aplikasi Penghemat Paket Data

 Setelah Anda mengikuti cara- cara diatas, cara terakhir menghemat kuota yaitu dengan download aplikasi penghemat paket data. Anda bisa mendapatkannya di playstore. Tetapi perlu menyeleksi aplikasi yang bermunculan karena biasanya ada yang sekadar abal- abal. Lihat review dari penggunannya dahulu, jika Anda yakin barulah download, atau pilihlah dengan rating aplikasi tertinggi.

Cara- cara diatas dapat menyiasati penggunaan paket data Anda. Jadi, Anda juga dapat mengehamat uang untuk keperluan lainnya, tidak terfokus membeli paket data saja.