Senin, 14 Agustus 2017

Suka Duka Menggunakan Token PLN Murah

BY Randy

Saat ini jaman sudah semakin modern dan segala sesuatunya dibuat menjadi lebih mudah dan praktis. Salah satu bukti dari kemajuan jaman adalah adanya fasilitas token PLN murah. Dulu, semua orang kerapkali dipusingkan ketika harus membayar biaya tagihan listrik yang membengkak setiap bulannya. Belum lagi harus menyiapkan uang untuk kebutuhan rumah tangga yang juga mengalami kenaikan. Sejak adanya fasilitas token dari PLN maka masyarakat bisa mengontrol kebutuhan listrik yang harus mereka gunakan. Sistem bayarnya tidak lagi setiap satu bulan sekali melainkan dengan cara mengisi ulang token yang sudah tersedia. Untuk pulsa token sendiri dijual di berbagai tempat seperti minimartket berjejaring dan juga loket PPOB yang sudah tersedia di berbagai wilayah di Indonesia.

Menggunakan token PLN murah memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri-sendiri. Untuk yang belum tahu, berikut ini adalah beberapa informasi terkait hal tersebut:
  •  Untuk kelebihan dari sistem token PLN ini adalah Anda tidak lagi harus membayar listrik dengan sistem bulanan. Dengan sistem token maka Anda hanya mengisi ulang pulsa untuk kebutuhan Anda. Begitu nanti saldo pulsa akan habis maka aka nada alarm pengingat dan Anda bisa melakukan isi ulang kembali sehingga listrik di rumah bisa tetap menyala.
  •  Dengan menggunakan sistem token ini maka petugas PLN tidak akan pernah datang ke rumah Anda untuk melakukan serangkaian pengecekan rutin. Dari segi privacy hal ini jelas sangat terjamin.
  • kWh pada meteran PLN dengan token sudah menggunakan model digital yang jauh lebih akurat dari pada meteran PLN yang masih klasik yaitu dengan model analog.
  • Jumlah pengisian saldo token juga sangat minimalis. Anda tidak perlu takut tidak mendapatkan listrik dengan uang yang Anda miliki. Hal ini berbeda dengan sistem pasca bayar dimana Anda wajib membayar biaya listrik yang sudah ditagihkan kepada Anda setiap bulannya.
  • Jika pemerintah memberikan aturan berupa kenaikan tariff listrik maka disaat Anda sudah melakukan pengisian pulsa Anda tidak akan mengalami tariff kenaikan saat itu juga. Tariff baru akan berlaku jika Anda sudah melakukan isi ulang kembali setelah saldo token yang sebelumnya habis terpakai.
Kemudian, untuk kekurangannya adalah Anda bisa saja membeli pulsa token lebih dari 1 kali dalam satu bulan karena jumlah pemakaian listrik yang meningkat tajam. Mungkin saja saat itu Anda sedang mengadakan hajatan dirumah sehingga membutuhkan konsumsi listrik lebih dan hal ini jelas akan berpengaruh pada besar kecilnya konsumsi pulsa token Anda. Kemudian disaat Anda lupa melakukan isi ulang pulsa token ternyata saldonya habis maka saat itu juga listrik akan mati dan semua perangkat elektronik Anda tidak akan bisa digunakan kembali sampai Anda mengisi ulang saldo token PLn murah tersebut.