Penyebab Bisnis Master Dealer Bangkrut

Memiliki sebuah bisnis memberikan Anda waktu luang untuk leluasa mengatur kegiatan dan pemasukan. Hal itu tentu sangat menyenangkan dibandingkan bekerja kantoran tanpa henti dengan hasil. Salah satu bisnis yang menjanjikan sampai saat ini dengan prospek yang cerah adalah bisnis master dealer. Menjalankan bisnis master dealer pulsa tentu sangat mudah dan memiliki resiko kerugian yang sangat kecil. Bagaimana pun yang namanya usaha pasti seharusnya menguntungkan hanya saja jika Anda melakukan hal yang salah maka bisa membuat bisnis menjadi hancur lebur. Hal itu tentu saja menjadi sia-sia bukan? Di Indonesia sendiri yang namanya bisnis jual pulsa hampir selalu laris manis dan tidak ada yang sepi. 

Untuk mempertahankan bisnis master dealer pulsa yang sudah Anda bangun dengan susah payah maka Anda harus tahu bagaimana cara menjaga dan mengembangkan bisnis tersebut. Kemudian, Anda juga harus paham apa saja yang bisa menjadikan bisnis yang sudah Anda bangun dengan susah payah kemudian hancur lebur. Berikut ini diantaranya yang menjadi penyebab bisnis pulsa bangkrut:
  • Keuangan tercampur dengan uang pribadi dan Anda menggunakannya untuk kebutuhan pribadi Anda. Bisa dikatakan bahwa hal ini terlihat sepele namun ini adalah cikal bakal kehancuran dari bisnis yang Anda bangun. Bagaimana pun juga keuangan harus dipisahkan. Jangan sampai keuangan usaha sampai terpakai apalagi sampai minus. 
  • Setelah keuangan tercampur, penyebab kebangkrutan lainnya adalah karena tidak ada catatan pembukuan yang jelas dan runtut. Padahal bisnis yang baik harus mencatat semua transaksi yang ada setiap uang keluar, barang masuk atau uang keluar secara detail. Dengan begitu bisa dilihat apakah usaha beranjak naik maju pesat atau malah sebaliknya. 
  • Selanjutnya adalah bisnis hancur karena ownernya sendiri tidak tahu bagaimana cara mengoperasikan program, software atau bahkan tidak tahu bagaimana cara melakukan transfer pulsa sesuai dengan kebutuhan konsumen. Hal ini sangat banyak terjadi di Indonesia padahal yang namanya owner harus menjadi orang yang tahu akan segalanya, harus tahu akan seluk beluk usaha yang dimilikinya sehingga tidak bisa ditipu oleh pegawainya. 
  • Kemudian, bisnis master pulsa hancur karena Anda tidak berinovasi. Bisnis tanpa inovasi tentu saja akan berjalan stagnan di tempat padahal hal itu sangat disayangkan. Selalu update akan perkembangan situasi pasar, teknologi yang sedang maju dan trend yang happening akan sangat berdampak positif bagi kemajuan usaha Anda.
Selain itu penyebab kehancuran sebuah bisnis master dealer adalah Anda sudah cukup puas dan berhenti berusaha keras untuk mencari downline atau bersaing dengan merusak harga pasaran. Perlu Anda ketahui bahwa yang namanya bisnis harus dibangun dengan usaha yang sehat dan fair, jangan pernah Anda merusak harga pasaran pulsa karena itu mematikan usaha seller lainnya.

Postingan terkait: