Tidak Ingin Gagal sebagai Agen Pulsa? Hindari Hal-hal Berikut Ini.

Bisnis pulsa adalah bisnis yang sangat mudah sekali untuk dijalani. Hampir tidak ada resiko berbahaya dari bisnis yang satu ini. Selain karena semua orang membutuhkan pulsa setiap hari bisnis ini juga sangat mudah untuk disambi dengan pekerjaan lainnya. Dengan begitu Anda tidak perlu meninggalkan pekerjaan utama Anda sembari menjalankan bisnis sebagai agen pulsa. Berjualan pulsa juga bisa dilakukan dimana saja tanpa batasan waktu dan tempat. Saat ini semua sudah sistem online dan berjualan pulsa tidak lagi dengan menggunakan voucher pulsa fisik seperti kartu. Anda cukup memanfaatkan satu buah chip saja untuk kemudian menjual semua pulsa dari semua operator yang ada di Indonesia. 

Banyak yang gagal dalam menjalankan bisnis sebagai agen pulsa disebabkan karena beberapa hal dibawah ini:
  • Sebagai agen pulsa Anda harus disiplin dalam mengatur keuangan usaha. Biasakan untuk memisahkan keuangan pribadi dan usaha. Jika Anda jadikan satu maka siap-siap saja hancur. 
  • Banyak kegagalan usaha karena agen pulsa menyepelekan yang namanya hutang piutang usaha. Jangan pernah memberikan kesempatan kepada konsumen Anda sekecil apapun jumlah pulsa yang dibelinya jika harus dengan berhutang. Memberikan kesempatan kepada konsumen untuk berhutang sama saja dengan menjerumuskan diri Anda sendiri untuk masuk ke dalam jurang kebangkrutan. Berikan pengertian bahwa setiap pembelian pulsa maka harus langsung dibayar lunas saat itu juga. Hal itu demi kelangsungan usaha yang Anda rintis. 
  • Berikutnya, mengambil keuntungan memang harus namun jangan sampai Anda terlalu ambisius sehingga mengambil untung dalam jumlah yang terlalu banyak tanpa memperhitungkan harga pasaran yang ada di sekitar Anda. Lakukan survey pasar untuk tahu range harga setiap nominal pulsa.
  • Selanjutnya, jangan menjadi pedagang yang terlampau pelit karena yang namanya usaha pasti juga bekerja sama dengan orang lain. Ingatlah rejeki sudah ada yang mengatur sehingga Anda tidak perlu cemas akan hal tersebut. 
  • Ingatlah bahwa tidak ada konsumen yang suka menunggu pulsa yang dibelinya terlalu lama. Untuk itu pilih server yang recommended yang memang memiliki record transaksi yang cepat dan tepat waktu. Jika terbiasa membuat konsumen menunggu maka lama kelamaan konsumen yang datang ke toko Anda akan semakin sedikit.
Merintis usaha pulsa sebagai seorang agen pasti membutuhkan waktu namun bukan berarti harus membuat Anda tutup mata atas kesempatan lainnya. Anda juga bisa menambahkan produk dagangan seperti aksesoris ponsel atau menjual memory external sehingga income yang Anda dapatkan juga semakin besar dan jenis konsumen yang datang akan semakin banyak. Biasakan untuk membuat catatatn pembukuan atas transaksi yang terjadi setiap harinya dengan begitu Anda akan bisa melihat perkembangan uang masuk dan keluar serta keuntungan yang akan Anda dapatkan berapa jumlahnya.

Postingan terkait: